News

PERFORMA BISNIS KIAN SOLID,ASURANSI ADIRA CATAT PERTUMBUHAN PREMI 38%

Posted on 10 Nopember 2011

-PRESS RELEASE-

Jakarta, 10 November 2011

PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) berhasil menjaga performa perusahaan tetap solid dengan mempertahankan pertumbuhan premi di atas rata-rata industri. Keberhasilan menjaga pertumbuhan tetap tinggi merupakan hasil sinergi  dari semua unit bisnis perusahaan dalam mengembangkan distribusi, menjalankan operasional secara baik, dan memberikan layanan yang memuaskan melalui produk-produk yang dibutuhkan masyarakat.


Kondisi perekonomian Indonesia yang relatif stabil memberi dukungan terhadap pertumbuhan industri kendaraan bermotor nasional. Hal ini ditandai angka penjualan kendaraan bermotor yang terus meningkat sepanjang tahun 2011 dibandingkan tahun sebelumnya. Data Gaikindo mencatat penjualan kendaraan bermotor hingga Agustus 2011 bertumbuh 14,4% atau mencapai 580 ribu unit, dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Industri kendaraan bermotor yang bertumbuh menjadi salah satu pemacu pertumbuhan bisnis industri asuransi terutama yang memiliki core business pada asuransi kendaraan bermotor seperti Asuransi Adira.


Pada periode Januari hingga September 2011, Asuransi Adira mampu bertumbuh sebesar 38% dibandingkan dengan pencapaian pada periode yang sama tahun 2010, atau telah membukukan premi lebih dari Rp 1,1 triliun. Kenaikan perolehan premi ini banyak disumbangkan dari lini bisnis asuransi kendaraan bermotor terutama pada produk-produk ritel melalui produk Autocillin untuk kendaraan roda empat dan Motopro untuk roda dua, baik yang menggunakan konsep konvensional maupun syariah.


Asuransi kendaraan bermotor masih menjadi penyokong utama perolehan bisnis perusahaan yakni lebih dari 60%. “Walaupun perolehan premi kami tetap dominan dari lini kendaraan bermotor, namun pertumbuhan pendapatan premi dari produk-produk asuransi non kendaraan bermotor pun semakin besar. Pengembangan produk di luar Asuransi Kendaraan bermotor tersebut penting kami lakukan untuk menjaga pertumbuhan dan menyeimbangkan portofolio bisnis,” ujar Willy Suwandi Dharma, President Director Asuransi Adira di Jakarta (10/11).


Sebagai komparasi, produk Asuransi Kendaraan bermotor tumbuh sebesar 30%, sedangkan produk non kendaraan bermotor tumbuh sebesar lebih dari 50%. Produk-produk asuransi non kendaraan bermotor yang memiliki pertumbuhan baik antara lain asuransi rekayasa (engineering), asuransi alat berat (heavy equipment) dan asuransi pengangkutan (cargo). Sementara asuransi kesehatan dan kecelakaan (general accident and health) dan asuransi properti menyumbang nilai nominal paling besar. Dengan pencapaian ini pertumbuhan hingga akhir tahun diperkirakan mampu mencapai target premi yang dicanangkan perusahaan sebesar Rp 1,4 triliun.

Klaim Terkendali
Hingga September 2011 ini, jumlah klaim yang telah dibayarkan perusahaan mencapai Rp 360 miliar. Jumlah ini mengalami peningkatan 38% bila dibandingkan periode yang sama tahun 2010. Pertumbuhan klaim antara lain disebabkan peningkatan klaim asuransi kendaraan bermotor, seiring dengan bertambah banyaknya pula jumlah kendaraan yang dilindungi Asuransi Adira.


Peningkatan jumlah klaim ini sejalan dengan catatan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang mengatakan angka kecelakaan lalu lintas selama periode mudik Lebaran 2011  mengalami kenaikan sebesar 30,6% dibandingkan tahun 2010. “Hingga saat ini klaim masih terkendali, karena kami menerapkan mekanisme prudent risk management yang baik,” tambah Willy.

Mengenai PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance)
Asuransi Adira didirikan 24 Januari 2002, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang Asuransi Umum. Perusahaan ini menyediakan produk-produk yang unik, sesuai dengan kebutuhan pelanggan, dan memiliki nilai tambah.


Produk-produk yang diunggulkan adalah produk asuransi kendaraan bermotor, yaitu asuransi mobil Autocillin (yang terdiri dari Autocillin Classic dan asuransi mobil berbasis syariah Autocillin Ikhlas), serta asuransi sepeda motor Motopro. Selain itu, Asuransi Adira juga menyediakan produk asuransi Kecelakaan & Kesehatan, Properti, Alat Berat, Kerangka Kapal, Rekayasa, Surety Bonds, Perjalanan, Pengangkutan, dan Tanggung Gugat. Semua itu didukung oleh pelayanan yang istimewa kepada seluruh pelanggan, dengan proses yang mudah, dan tidak berbelit-belit. Selain itu, dukungan dari bengkel-bengkel rekanan Autocillin yang tersebar luas, menjanjikan hasil pengerjaan yang baik dan terjamin.


Asuransi Adira saat ini juga menggagas Kampanye Keselamatan di Jalan dengan slogan ”I Wanna Get Home Safely!” (IWGHS). Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan keselamatan berkendara, dengan cara mengajak masyarakat Indonesia untuk berjanji kepada diri sendiri maupun kepada orang yang dicintainya, untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan berperilaku aman di perjalanan, sehingga dapat tiba di rumah dengan selamat. Caranya adalah dengan menandatangani sebuah Commitment Letter. Per September 2011, sudah terkumpul sebanyak 124.709 pendukung kampanye tersebut dan Perusahaan telah mendonasikan Rp 385.560.000 berupa 357 buah kaki palsu, tangan palsu dan kursi roda.


Asuransi Adira sudah membuktikan kiprahnya di dunia Asuransi Umum, dengan dipercaya melayani lebih dari 4,5 juta unit aktif, didukung lebih dari 400 agent bersertifikat, serta memiliki lebih dari 38 outlet di kota-kota di Indonesia.

Financial Highlight Desember 2010 (audited)


(dalam Miliar Rupiah) 
 2010
2009
(in Billion Rupiah)
Premi Bruto
1,085
807.7
Gross Written Premiums
Laba Bersih Setelah Pajak
269
205.7
Net Profit After Tax
Jumlah Aktiva
2,031.6
1,597.0
Total Assets
Jumlah Investasi
1,757.5
1,422.9
Total Investments
RBC
401%
429.3%
RBC


Lebih lanjut mengenai Asuransi Adira, silakan menghubungi Adira Care 021 390 3456, SMS Channel 0812 111 3456, atau klik di www.asuransi.adira.co.id.

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi:

 

Ernita Sari                                                                 
CSR & Corp. Communication Dept. Head             
PT Asuransi Adira Dinamika                              
T. 021 345 1008, ext. 330                                 
F. 021 351 1334/35/36                                     
HP. 0811 192 979                                            
ernita.sari@asuransi.adira.co.id                    



Facebook Twitter